Etika Berinternet : Netiket

Netiket adalah etika dalam berkomunikasi lewat internet. Netiquette memiliki fungsi yang sama dengan etiket yang ada di dalam lingkungan sosial manusia, yaitu merupakan tata krama atau sopan santun yang harus diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik.




Kebanyakan netiket yag sering digunakan mengacu pada standar netiket yag ditetapkan oleh IETF ( The Internet Engineering Tasking Force), yaitu suatu komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.


Beberapa alasan mengapa era internet memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbahgai aspek kehidupan :
  1. Informasi pada internet bisa diakses 24 jam dalam sehari.
  2. Biaya murah dan bahkan gratis.
  3. Kemudahan akses informasi dan melakukan transaksi.
  4. Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan.
  5. Materi dapat di up-date dengan mudah.
  6. Penggunaan internet telah merambah ke segala penjuru.

Dalam kegiatan sehari hari etika berinternet itu sangat perlu, seperti contohnya membuat postingan di media sosial, berkomunikasi antar user dan lain-lain. Berikut ini etika berkomunikasi di internet :

1. Remember the human. 
Jangan lupa, orang yang membaca email atau posting Anda adalah manusia juga yang punya perasaan --bisa tersinggung atau sakit hati. Jadi, jangan menyakiti hati orang lain. Jangan kirim email atau posting yang sekiranya mempermalukan. 

2. Adhere to the same standards of behavior online that you follow in real life.
Standar etika komunikasi internet sama saja dengan etika komunikasi di dunia nyata, seperti etis, menghargai pendapat orang lain, dan jangan dan melanggar hukum (breaking the law is bad Netiquette).

3. Know where you are in cyberspace.
Setiap situs atau forum online biasanya punya aturan main. Maka, taati aturan itu. Baca dulu aturan sebelum gabung. "Intai dulu sebelum melompat" (Lurk before you leap). Sadari Anda ada di forum apa dan bagaimana.

4. Respect other people's time and bandwidth.
 Posting pesan yang sesuai dengan grup diskusi. Jangan ajukan pertanyaan bodoh. Baca dokumen FAQ (Frequently Asked Questions) atau "Yang Sering Ditanyakan" (YSD).

Jangan posting hal yang sekiranya sudah diketahui anggota grup (don't waste expert readers' time by posting basic information).

Jika Anda tidak setuju dengan sebuah forum online, jangan buang waktu dengan "menggugat" mereka. Tinggalkan saja! (If you disagree with the premise of a particular discussion group, don't waste the time and bandwidth of the members by telling them how stupid they are. Just stay away).

5. Make yourself look good online.
Cek grammar dan ejaan (tata bahasa) sebelum posting. Pahami yang Anda katakan dan pastikan ia masuk akal. Know what you're talking about and make sense.

6. Share expert knowledge.
Bagilah pengetahuan dan wawasan Anda. Sedekah ilmu! Jawab pertanyaan yang ada jika Anda tahu.

7. Help keep flame wars under control.
Kendalikan emosi Anda! Jangan posting apa pun dalam keadaan marah! Jangan posting atau kirim komentar yang bernada amarah tinggi!

Ada pepatah: Sesuatu yang di mulai dengan rasa marah akan menghasilkan penyesalan. Jangan ragu minta maaf jika Anda keliru atau menginggung perasaan orang lain.

8. Respect other people's privacy.
Hargai privasi orang. Jangan baca email, pesan, atau inboks pribadi orang lain. Don't read other people's private email.

9. Don't abuse your power.
Jangan menyalahgunakan kekuasaan. Jangan korupsi! Makin besar kekuasaan yang Anda mikiki, kian penting bagaimana menggunakannya. The more power you have, the more important it is that you use it well.

10. Be forgiving of other people's mistakes.
Jika orang lain salah, maafin aja....! Namun, jika salahnya "keterlaluan", seperti sudah melanggar aturan hukum, hate speech (ujaran kebencian), mejahijaukan aja! :)


Kesimpulannya etika itu penting dalam hal apapun seperti contohnya berkomunikasi di internet, bethati hatilah jika kita mengkomentari sesuatu di media sosial atau artikel lainnya, apalagi sampai dalam konteks "membully" kita tidak tahu siapa orang yang kita bully.






http://eptik6c.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-netiket.html?m=1
http://www.romelteamedia.com/2016/01/netiket-etika-komunikasi-di-internet-netiquette.html?m=1

Comments