Wawasan Nusantara Indonesia

Wawasan Nusantara menurut Wikipedia adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Menurut saya wawasan nusantara merupakan hal wajib bagi warganya untuk mengenal negaranya sendiri berdasarkan Pancasila. Wawasan nusantara berkaitan dengan kesatuan negara Indonesia untuk bersikap adil,tentram, dan damai antar warganya, aspek pada Wawasan Nusantara terbagi 3 yaitu aspek kewilayahan Nusantara, aspek sosial budaya, dan aspek sejarah. dengan adanya Wawasan Nusantara yang kita miliki menunjukan bahwa kita adalah warga negara Indonesia yang memiliki peran penting untuk memajukan Indonesia. Dengan begitu setiap orang bisa berpartisipasi dalam kesatuan negara Indonesia. Hal ini bisa mencegah perpecahan antar warga negara yang sering menimbulkan masalah dalam negara. Oleh karena itu dengan berpedoman pada wawasan nusantara kita bisa menjaga keutuhan bangsa dengan mendukung pembangunan nasional yang sesuai dengan tujuan nasional. Kondisi ini diwujudkan untuk mencapai tujuan nasional yang berhasil.

Fungsi wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia disatu sisi merupakan pedoman dan rambu-rambu, sedangkan disisi lain menjadi penggerak dan pendorong dalam mencapai tujuan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Tujuan dari wawasan nusantara bertujuan untuk mempersatukan bangsa yang di wujudkan dari warganya sendiri, satu tujuan yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu maupun kelompok, golongan, ras, suku bangsa di segala bidang/aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Pembinaan dan penyelenggaraan tata kehidupan bangsa dan negara Indonesia disusun atas dasar hubungan timbal balik antara falsafah, cita-cita dan tujuan nasional serta kondisi sosial budaya dan pengalaman sejarah yang menumbuhkan kesadaran tentang kemajemukan dan kebhinekaannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.

Untuk itulah, mengapa wawasan nusantara perlu. Ini karena wawasan nusantara mempunyai fungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara negara.

Implementasi atau penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau kelompok sendiri.

Semua itu menggambarkan rasa, paham dan semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi sebagai identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

hi my name is Rifky Abel, students at the University Gunadarma | Information Management, I love to play video games

0 comments:

Post a Comment