Indonesia Negaraku





Indonesia, suatu negara asia dengan jumlah pulau terbanyak di dunia dimana saya lahir dan tinggal di negara ini, negara yang luas dengan berbagai keanekaragaman budayanya, tempat wisatanya, pemandangannya yang indah. Dahulu ribuan orang pahlawan membela negara ini selama berabad-abad hingga tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 dimana kemerdekaan negara ini terjadi, sampai saat ini kita menikmati kemerdekaan dan kebebasan negara ini dari para penjajah.
                Pancasila sebagai dasar negara ini untuk mempersatukan Indonesia, burung Garuda lambang negara Indonesia dengan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda beda tapi tetap satu, sebagai orang Indonesia yang lahir dan tinggal di Indonesia kita harus mencintai negara ini. Salah satunya sebagai mahasiswa Indonesia ikut berperan membangun negeri contohnya seperti berperan dalam politik, menjunjung tinggi nilai Pancasila, terus berkreasi membuat inovasi baru, dan lainnya,
Tetapi sayangnya pada jaman sekarang nilai Pancasila sudah mulai memudar dengan berbagai macam kasus seperti SARA dimana mana, beberapa orang masih memandang etnis dan hal lainnya yang akhirnya akan menjadi perpecahan bangsa, hal yang ada di tiadakan dan hal yang tidak ada di adakan, sesuai dengan nilai Pancasila kita harus menghargai perbedaan, kebabasan hak orang lain, kita tinggal di Indonesia dengan banyak perbedaan suku, agama, Bahasa, budaya dan lainnya. Hal lainnya jika terjadi sesuatu masalah dengan negara ini seperti kebanjiran, kemacetan dimana mana, yang dimana kita sendiri yang membuat masalah tersebut, ujung ujungnya kita menyalahkan pemerintah tidak kerja dan lainnya, padahal kalua kita lihat apakah kita sudah mematuhi semua peraturan di Indonesia dengan benar? Tidak membuang sampah sembarangan? Tidak menerobos lampu merah dan hal lainnya?. Seperti kutipan yang saya ingat dari President ke 35 Amerika John F. Kennedy, “ask not what your country can do for you -- ask what you can do for your country.”
Walaupun berbagai masalah terjadi di Indonesia saya tetap cinta Indonesia dan kita harus tetap cinta negara ini, jangan Karena hal seperti pelanggaran menjadi hal biasa Karena perubahan harus dari niat kita sendiri, tetap junjung tinggi nilai Pancasila jangan lah memecah belah negara ini Karena hal sepele.

Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita.”

~ BJ Habibie – Presiden Indonesia ke-3

Comments