proposal usaha keripik singkong


Proposal Usaha


Keripik Singkong

1DB02

Disusun Oleh

- Ardifian Suwarno                          30115944

- Bayu Aji Swasono                          31115277

- Fegi Putra                                         32115611

- M Rizqi Hidayatulah                      34115773

- Rifky Abel                                         35115965            

- Zainal Abidin Rai                             37115384


BAB I


PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang


Pilihan sebuah usaha yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Dalam laporan wirausaha, penulis mencoba mengamati sebuah usaha yang bergerak dibidang makanan ringan. Keripik singkong sebagai salah satu makanan ringan yang disukai banyak orang merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, Hal ini menjadikan penulis tertarik untuk mempelajari bagaimana cara usaha pembuatan keripik singkong.

B.     Visi dan Misi usaha


Membuat suatu usaha keripik singkong yang memiliki nilai jual ekonomis di lingkungan masyarakat

C.    Manfaat Kegiatan


1.      Mengamati aspek penting dalam berwirausaha yang harus dicermati sebelum memulai usaha.

2.      Menambah wawasan tentang cara memulai usaha.

3.      Melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis.

4.      Sebagai pedoman wirausaha untuk tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.

BAB II


PELAKSANAAN PROGRAM


A.      Manajaemen


  • Materi Pelatihan

Materi dari kegiatan pembuatan keripik singkong ini adalah melatih ketrampilan, kesabaran dan ketekunan serta inovasi baru dalam pembuatan, serta pengemasannya.

  • WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Dilaksanakan di lingkungan kampus dan di sekitaran rumah

Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.

Hanya terbagi dalam kelompok beranggota-kan 6 orang











B.      Aspek  Pemasaran




Dalam melakukan pemasaran kita menjual langsung kepada mahasiswa gunadarma dan kepada warga sekitar rumah

  • Analisis SWOT.

Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.

1.      Strength ( kekuatan)

Kekuatan dari produk ini ialah :

  • Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat .
  • Harga terjangkau.
  • Bahan produk terjamin sehat dan higienis.

2.      Weaknes (Kelemahan).

Kelemahan dari produk ini :

  • Tidak dapat tahan lama
  • Produknya mudah di tiru
  • Pemasaran cukup lama.

3.      Oportunity (Peluang)

  • Harga murah
  • Banyak yang menyukai produk ini

4.        Thereath (Ancaman)

Adanya pesaing yang menjual produk dengan  harga yang tidak terlalu mahal.

  • Cara Membuat Keripik singkong

Bahan – bahan yang digunakan:

  • 1 kg singkong yang masih segar
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml air

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • minyak untuk menggoreng secukupnya


Alat – alat yang digunakan ;

  • Kompor
  • Panci
  • Baskom
  • Tampah ( nyiru )
  • Pisau
  • Pengaduk
  • Nampan atau wadah pengering

Cara pembuatan :

  1. singkong dikupas terlebih dahulu lalu dicuci dengan air sampai benar-benar bersih
  2. singkong diiris tipis-tipis dengan alat pemotong supaya hasilnya sama dan seukuran
  3. masukkan kapur sirih kedalam air
  4. rendam singkong yang sudah diiris tipis kedalam air kapur sirih
  5. masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam rendaman singkong lalu aduk rata diamkan selama 1 jam
  6. singkong yang sudah direndam angkat lalu tiriskan sampai benar-benar kering tanpa dijemur dibawah sinar matahari
  7. panaskan minyak diatas api sedang lalu goreng singkong yang yang sudah kering tunggu sampai matang sambil sedikit diaduk, angkat tiriskan
  8. masukkan singkong yang sudah matang kedalam toples dan siap disajikan

C. Laporan Keuangan




Biaya produksi / Pembelian keripik singkong 100 bungkus x 1000  = Rp. 100.000

Harga Jual = Rp. 3.000

HASIL PENJUALAN DAN KEUNTUNGAN

1)                 Hasil penjualan

Penjualan Keripik singkong 43 bungkus       

Harga tiap bungkus @ Rp.3.000

( @3.000 x 43 bungkus ) = Rp. 129.000

2)                 Keuntungan usaha

Untung = Hasil penjualan – Biaya pembuatan

Yaitu : ( Rp. 129.000– Rp.100.000)     = Rp. 29.000

 




A.      Kesimpulan


Setelah kita lihat daftar di atas, kegiatan pembuatan Keripik singkong tersebut tidak memerlukan modal besar tetapi meningkatkan pendapatan bagi pembuatnya. untuk awalan suatu usaha bagi pemula, memerlukan dana yang cukup minim terlebih dahulu yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kerugian diawal usaha.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

hi my name is Rifky Abel, students at the University Gunadarma | Information Management, I love to play video games

0 comments:

Post a Comment